INFO: Sel darah Putih (Luekosit)

Sel darah putih atau luekosit bertugas melindungi tubuh dari serangan kuman, virus, bakteri, dan sejenisnya. Dengan kata lain, sel darah putih berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Luka akibat goresan merupakan pintu masuk bagi kuman. Saat luka menganga, sel darah putih akan datang dan berkumpul di daerah luka untuk berperang melawan kuman. Kalau luka tidak segera dibersihkan, seringkali timbul pembengkakan dan mengeluarkan nanah. Itu adalah efek dari perang antara kuman melawan sel darah putih. Bila sel darah putih menang, kuman hilang dan tubuh kembali normal. Tapi bila sel darah putih kalah, maka perlu tambahan obat-obatan untuk melawan kuman yang masuk ke dalam tubuh. Jadi lsel darah putih sangat penting peranannya dalam tubuh kita.
Sel darah putih diproduksi oleh sumsum tulang belakang. Bila sumsum tulang belakang mengalami gangguan, maka jumlah sel darah putih juga akan ikut terganggu. Gangguan pada sumsum tulang belakang bisa menyebabkan produksi sel darah putih menurun, hingga menyebabkan leukopenia (kekurangan sel darah putih). Disebut leukopenia apabila sel darah putih dalam darah kurang dari 5.000. Selain karena gangguan sumsum tulang belakang, leukopenia juga bisa disebabkan oleh infeksi kuman dan penyakit autoimun seperti HIV/AIDS dan lupus.
Saat tubuh diserang kuman penyakit, jumlah sel darah putih pada tubuh akan meningkat dengan cepat. Ini dilakukan untuk mengimbangi jumlah kuman yang masuk. Walaupun meningkat cepat, biasanya jumlah sel darah putih masih di batas normal, yaitu antara 5.000 – 10.000 dalam setiap tetes darah. Bila jumlah sel darah putih meningkat hingga di atas batas normal, ada kemungkinan terserang leukimia.
[sumber: ayuariani.com]

No comments:

Post a Comment